Home » » Terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara

Terbentuknya Provinsi Kalimantan Utara

Written By Harso Adjie Broto on Rabu, 24 Juli 2013 | 20.21


Berapa jumlah provinsi di Indonesia? Sebagain sobat brotot menjawab 33 bahkan masih ada yang menjawab 32. Sekarang, jumlah provinsi di Indonesia ada 34 Provinsi. Kalimantan Utara (North Kalimantan) telah resmi menjadi Provinsi ke-34 Negara Republik Indonesia. Sebenarnya berita ini sudah cukup lama, namun baru ingat untuk dishare Adjie Brotot Blog hari ini ^^

Resmi dibentuknya provinsi Kalimantan Utara ditandai dengan dilantiknya Irianto Lambrie sebagai pejabat (pj) gubernur daerah tersebut oleh mendagri di Jakarta, Senin 22 April. Kalimantan Utara adalah wilayah hasil pemekaran dari Kalimantan Timur yang ditetapkan menjadi provinsi lewat rapat paripurna DPR pada 25 Oktober 2012 berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2012. Provinsi ini membawahi lima kabupaten kota. Yakni Kota Tarakan, Kabupaten Nunukan, Kabupaten Malinau, Kabupten Tana Tidung, dan Kabupaten Bulungan.

Pembagian wilayah di Kalimantan Utara

Pusat Pemerintahan Provinsi Kalimantan Utara terletak di ibukotanya, Tanjung Selor yang terdapat di Kabupaten Bulungan. Provinsi Kalimantan Utara memiliki luas wilayah 72.567 kilometer persegi dan untuk saat ini memiliki 738 ribu penduduk yang tersebar di 47 kecamatan.

Menurut Mendagri, Kalimantan Utara dan 10 daerah otonomi baru lainnya layak mendapat perhatian khusus dari daerah induk. "DOB itu ibarat bayi yang baru lahir. Karena itu, ia harus mendapat asupan nutrisi dulu dari ibunya sehingga bisa tumbuh dan berkembang secara mandiri," katanya.

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak mendukung gagasan ini. Sebagai provinsi induk, kata dia, Pemprov Kaltim berkomitmen memberikan bantuan hibah selama dua tahun berturut-turut kepada provinsi ke-34 tersebut. Bantuan yang dianggarkan tersebut mencapai Rp 525 miliar, mencakup dana operasional pemerintahan dan pelaksanaan pemilukada 2015 mendatang.

Di samping itu, tambah Awang lagi, Pemprov Kaltim juga menyerahkan sebagian aset dan sumber daya manusia untuk percepatan pembangunan di Kalimantan Utara. "Khusus untuk SDM, kami akan berikan aparatur yang terbaik," tuturnya. 
-dikutip dari republika.co.id

Sekian yang dapat saya sampaikan walaupun telat, semoga bisa menambah wawasan sobat brotot bagi yang belum tahu hehe :)

1 comments :

  1. saya baru tahu klau indonesia sudah ada 34 provinsi

    BalasHapus

Brotot Facts: