Home » » Bom Nuklir Terbesar yang Pernah Diciptakan Manusia

Bom Nuklir Terbesar yang Pernah Diciptakan Manusia

Written By Harso Adjie Broto on Minggu, 21 Juli 2013 | 22.18


Jika sobat brotot terkagum-kagum melihat bom atom "fat-man" dan "little-boy" yang mampu menghancurkan kota Nagasaki dan Hiroshima dalam hitungan detik, mungkin sobat brotot akan terkejut dengan bom-bom nuklir yang akan saya tujukkan ini. Dampak ledakan bom biasanya dihitung dengan satuan "TNT Equivalent" 1 gram TNT setara dengan energi 4.184 joule, sementara untuk bom atom dan bom nuklir biasanya dihitung dengan satuan "Tons of TNT" 1 ton TNT setara dengan energi 4 juta joules! Sementara ditingkatan selanjutnya ada Kiloton of TNT yang setara dengan 4 milyar joules dan Megaton of TNT yang setara dengan 4 trilyun joules.

Bom Atom Little Boy

Bom atom little-boy yang dijatuhkan di kota Hiroshima hanya berkekutatan 13 kiloton TNT sementara Bom atom fat-man yang dijatuhkan di kota Nagasaki berkekuatan 18 kiloton TNT. Bom atom seperti itu mampu menghancurkan seisi kota dan membunuh ribuan nyawa. Bagaimana dengan bom-bom berikut ini?

5. Ivy Mike (769x Bom Atom di Hiroshima)

Pulau Enewetak sebelum dan sesudah ledakan
Ivy Mike adalah sebuah bom nuklir hidrogen eksperimental milik Amerika Serikat. Ivy Mike dijatuhkan di Pulau Enewetak di kepualuan pasifik. Ivy Mike merupakan bom nuklir hidrogen pertama yang berhasil diledakkan. Tepatnya pada 1 November 1952. Ivy Mike mampu menghasilkan ledakan dengan kekuatan 10 Megaton TNT atau setara dengan 40 trilyun joules. Energi yang sangat besar ini mampu menciptakan kawah raksasa di pulau Enewetak.

4. Castle Romeo (846x  Bom Atom di Hiroshima)


Castle Romeo merupakan nama yang diberikan kepada salah satu dari 7 bom nuklir lithium hidrat terdahsyat yang pernah diciptakan Amerika Serikat. Castle Romeo diledakkan pada 25 Maret 1954 dalam Proyek ujicoba nuklir "Castle". Bom dahsyat ini diledakkan di pulau Bikini Atoll, Kepulauan Marshall, Samudera Pasifik dan mampu menghasilkan energi sebesar 11 Megaton TNT.

3. Castle Bravo (1.153x Bom Atom di Hiroshima)


Castle Bravo adalah nuklir terdahsyat diantara nuklir-nuklir lainnya dalam Project Castle yang didalamnya diledakkan juga bom nuklir UNION, YANKEE, ECHO, NECTAR, KOON, dan Castle ROMEO. Castle Bravo diledakkan di pulau yang sama dengan Castle Romeo, yaitu pulau Bikini Atoll pada 1954. Pada awalnya Castle Bravo diprediksikan akan menghasilkan ledakan sekitar 6 Megaton TNT, tapi pada kenyataannya, Castle Bravo menghasilkan ledakan sebesar 15 Megaton TNT.

2. Test #174 (1.538x Bom Atom di Hiroshima)

Test #174 merupakan kode yang diberikan kepada Bom Nuklir Hidrogen Uni Soviet yang diledakkan pada 27 September di kepualuan Novaya Zemlya, Rusia Utara. Test #174 mampu menghasilkan ledakan dengan kekuatan 20 Megaton TNT, jauh lebih besar dibanding Castle Bravo milik Amerika Serikat.

1. Tsar Bomba (3.800x Bom Atom di Hiroshima)


Tsar Bomba dalam Bahasa Rusia memiliki makna "King of Every Bombs/Raja dari Segala Bom" Tsar Bomba diledakkan di pulau Novaya Zemlya, Rusia Utara pada 30 Oktober melalui pesawat pembom Tupolev Tu-95. Tsar Bomba merupakan bom nuklir terdahsyat yang pernah diciptakan umat manusia. Tsar Bomba memiliki daya ledak sebesar 50 Megaton TNT atau setara dengan seluruh bom yang pernah meledak pada masa perang dunia ke-II termasuk semua bom atom beserta percobaannya, dikali 10.

Pada awalnya Tsar Bomba direncanakan memiliki kekuatan 100 Megaton TNT namun karena dampaknya terlalu berbahaya bagi bumi dan atmosfir, jadi kekuatannya diturunkan menjadi 50 Megaton. Sebuah Bom dengan kekuatan 50 Megaton mampu menghancurkan seisi Jakarta beserta Jabodetabek. Jamur api yang dihasilkan bom ini adalah setinggi 64 kilometer, 8 kali tinggi mount everest.

Berikut perbandingan ledakan antara Tsar Bomba dan bom-bom raksasa lainnya:

sumber: tsarbomba.org

0 comments :

Posting Komentar

Brotot Facts: