Home » » Zat Adiktif dan Psikotropika

Zat Adiktif dan Psikotropika

Written By Harso Adjie Broto on Kamis, 18 April 2013 | 11.12

Heroin. Salah satu psikotropika berjenis Depresan.

Hai Sobat Brotot!
UN tidak ada seminggu lagi, jaga kesehatan baik fisik, mental, dan spiritual. Selain itu, persiapkan materi dengan matang agar saat ujian nanti, kita dapat menjawab soal-soal dengan mudah. Salah satu materi UN adalah Zat Adiktif dan Psikotropika. Materi ini dipost di Adjie Brotot Blog karena request dari seorang teman.

Zat Adiktif sendiri artinya zat-zat kimia yang bisa menimbulkan candu (addiction), jangan tertukar dengan Zat Aditif, yaitu zat yang ditambahkan ke suatu produk (addition).

Dalam zat adiktif, ada yang disebut Psikotropika, Psikotropika adalah zat yang dapat mempengaruhi aktifitas mental dan prilaku yang menggunakan. Psikotropika terbagi dalam 3 macam: stimulan, depresan, dan halusinogen.

1. Stimulan
Stimulan adalah golongan psikotropika yang dapat meningkatkan aktifitas saraf dan otak seperti memberikan efek gembira, meningkatkan konsentrasi, menghilangkan rasa capek/lapar, memicu jantung, dan meningkatkan tekanan darah. Namun pemakaian berlebihan dapat menimbulkan kerusakan saraf, stroke, serangan jantung, dan prilaku ganas.

Contoh psikotropika golongan stimulan adalah:
  1. Amfetamin (Ekstasi)
  2. Kokain
  3. Shabu-shabu

2. Depresan
Depresan adalah golongan psikotropika yang dapat memperlambat aktifitas saraf dan otak seperti memberikan efek tenang, perasaan nyaman, mengurangi rasa sakit, serta membantu tidur. Psikotropika depresan (seperti heroin) sebenarnya digunakan di dunia kedokteran sebagai obat bius (amnestesi). Namun pemakaian yang berlebihan dapat menyebabkan kematian.

Contoh psikotropika golongan depresan adalah:
  1. Morfin
  2. Heroin
  3. Barbital  

3. Halusinogen
Halusinogen adalah golongan psikotropika yang dapat menyebabkan timbulnya halusinasi (khayalan). Halusinogen dapat menyebabkan prilaku seseorang tidak terkendali, bicara ngawur, dan kecendrungan untuk bunuh diri.

Contoh psikotrpika golongan halusinogen adalah:
  1. LSD (Lysergic Acid Diethylamide)
  2. Ganja
  3. Marijuana

Sobat brotot, dalam UN yang 20 paket ini, mungkin diantara sobat brotot selain mendapat soal tentang golongan-golongan psikotropika, mungkin ada juga yang mendapat soal akibat yang ditimbulkan. Efek zat adiktif dan psikotropika terbagi atas 3 macam: efek fisik, efek fisiologi, dan efek psikis (kejiwaan).

1. Efek Fisik
Efek fisik adalah efek yang terlihat dari luar seperti muka menjadi pucat, mata memerah, gigi menjadi kuning, badan menjadi lebih kurus, dan lain-lain.

2. Efek Fisiologi
Efek fisiologi adalah akibat yang berpengaruh pada sistem kerja organ dalam seperti tekanan darah naik, nafas sesak, paru-paru mengecil, kerusakan pada ginjal, dan lain-lain


3. Efek Psikis
Efek psikis adalah efek yang berpengaruh pada kejiwaan/tingkah laku. Contohnya adalah sifat menjadi ganas, berbicara semena-mena, kurang percaya diri, lamban dan malas dalam bekerja, dan suka menghayal.

Selain psikotropika diatas, ada juga zat-zat adiktif lain seperti:
  1. Inhalasin (obat hirup)
  2. Nikotin
  3. Kafein
  4. Ethanol (alkohol)

sekian yang dapat saya sampaikan, selamat berjuang di Ujian Nasional!

0 comments :

Posting Komentar

Brotot Facts: