Home » » Mengenal Berbagai Pesawat Kepresidenan Dunia

Mengenal Berbagai Pesawat Kepresidenan Dunia

Written By Harso Adjie Brotosukmono on Jumat, 20 Mei 2016 | 15.29


Setiap negara pasti memiliki pemimpin. Ada yang berupa presiden, raja, atau perdana menteri. Nah, untuk berpergian jauh, presiden membutuhkan moda transportasi udara yang aman dan nyaman. Itulah mengapa setiap negara (terutama negara yang cukup berada) pasti memiliki pesawat kepresidenan.


Jika sobat brotot pasti tahu tentang Pesawat Kepresidenan RI atau Air Force One milik Amerika Serikat, tahukah kamu tentang pesawat-pesawat kepresidenan dari negara lain? Beberapa negara memiliki lebih dari satu pesawat kepresidenan, mulai dari yang kecil seperti Bombardier Global Express hingga pesawat berbadan lebar sekaliber Boeing 747-400 series. Seperti apa rupa dari pesawat-pesawat tersebut?

1. Amerika Serikat

Air Force One

Air Force One, begitulah sebutan bagi pesawat kepresidenan Amerika Serikat. Pesawat ini begitu terkenal dan sering muncul dalam film-film hollywood. Saat ini, Amerika Serikat memiliki 2 pesawat jenis Boeing 747-200B yang dimodifikasi menjadi Boeing VC-25 untuk membawa presiden dan pejabat tinggi amerika lainnya. Kabarnya, Air Force One mampu menempuh jarak sepertiga dunia tanpa perlu mengisi bahan bakar. Kedepannya pesawat ini akan digantikan oleh model terbaru, Boeing 747-800.

2. Jepang

Pesawat Kepresidenan Jepang

Pemerintah Jepang menggunakan pesawat yang lebih besar dibandingkan Air Force One milik Amerika Serikat. Pesawat itu adalah Boeing 747-400. Pesawat ini digunakan untuk mengangkut kaisar, perdana menteri, dan pejabat tinggi lainnya untuk berpergian. Jepang memiliki 2 unit pesawat Boeing 747-400. Kedepannya pesawat akan digantikan oleh Boeing 777-300ER dengan badan yang lebih kecil namun jarak tempuh yang lebih panjang.

3. Perancis

Pesawat Kepresidenan Perancis

Pesawat Kepresidenan Perancis dioperasikan oleh ETEC (Escadron de transport, d'entrainement et de calibration). Pemerintah Perancis memiliki 4 Dassault Falcon 50, 2 Dassault Falcon 900, 2 Dassault Falcon 7X, dan sebuah pesawat Airbus A330-223 sebagai pesawat kepresidenan utama. Airbus A330 dipilih karena badannya yang tidak terlalu besar sehingga mampu mendarat di bandara-bandara medium namun tidak terlalu kecil sehingga mampu menampung banyak penumpang. Selain itu, Airbus merupakan produsen pesawat dari Eropa sehingga dengan menggunakan Airbus Pemerintah Perancis turut mengiklankan produk dalam negeri.

4. Republik Rakyat Tiongkok

Pesawat Kepresidenan Republik Rakyat Tiongkok

Tiongkok tidak memiliki pesawat khusus untuk presiden. Namun, jika dibutuhkan, terdapat 8 Boeing 737-300s dan 2 Boeing 737-700 yang siap melayani presiden untuk penerbangan jarak dekat. Untuk penerbangan jarak jauh dalam skala besar, Boeing 747-4J6 milik Air China akan di-convert menjadi pesawat kepresidenan.

5. Brunei Darussalam

Pesawat Kepresidenan Brunei Darussalam

Pesawat Kepresidenan Brunei diberi nama His Majesty The Sultan's Flight (HMSF) dan eksklusif untuk sultan dan anggota keluarganya. Secara total, Brunei memiliki 3 pesawat kepresidenan yaitu Boeing 747-400 pada tahun 1990, Boeing 767-200ER pada tahun 1992, dan yang terakhir Airbus A340-200 pada tahun 1997. Untuk penerbangan jarak dekat, Sultan menggunakan helikopter Sikorsky S-70A.

6. Rusia

Pesawat Kepresidenan Rusia

Sebagai salah satu negara adidaya, tak heran jika Rusia memiliki banyak pesawat kepresidenan. Secara total, Rusia memiliki 31 pesawat kepresidenan yang terdiri atas 2 Airbus ACJ319, 2 Antonov An-148, 2 Dassault Falcon 7X, 8 Ilyushin Il-96-300, 2 Tupolev Tu-204-300, 13 Tupolev Tu-214, dan yang terbaru 2 Sukhoi Superjet 100.

7. Indonesia

Pesawat Kepresidenan Indonesia

Nah, Indonesia memiliki satu pesawat kepresidenan yaitu Boeing 737-800 yang dimodifikasi menjadi Boeing BBJ2. Sebelumnya, Pemerintah Indonesia menyewa pesawat Boeing 777 dari Garuda Indonesia setiap kali presiden akan berpergian. Untuk menghemat anggaran, dibelilah pesawat ini. 

Kabarnya, walaupun tidak memiliki kemampuan combat dan tidak dipersenjatai apa-apa, pesawat kepresidenan Indonesia dilengkapi sistem keamanan anti misil dan mampu mengelak dari serangan udara.

Itulah beberapa pesawat kepresidenan negara-negara di dunia. Have a nice day! :)

0 comments :

Posting Komentar

Brotot Facts: