Home » » Kupas Tuntas Soal Hits Biologi UN 2016

Kupas Tuntas Soal Hits Biologi UN 2016

Written By Adjie Brotot on Minggu, 10 April 2016 | 11.40


Halo teman-teman! Bagaimana UN-nya? susah? gampang? atau biasa-biasa saja? UN 2016 ini diklaim oleh Kemendikbud sebagai salah satu pelaksanaan UN paling sukses dalam sejarah Indonesia. Kenapa? kabarnya, UN tahun ini memiliki pengaduan paling sedikit dan tingkat kebocoran soal terendah dibanding UN-UN sebelumnya. Benarkah? bodo amat.

 Nah, yang paling penting, UN tahun ini dipersulit tingkat kesulitannya. Tak salah memang, karena UN bukan lagi sebagai faktor kelulusan sehingga mendapat nilai 1 sekalipun akan tetap dipertimbangkan untuk lulus. Karena itulah tak jarang ada soal-soal UN kali ini yang menjadi 'hits' di kalangan angkatan 2016. Entah karena soalnya memang unik, tipenya tergolong baru, lucu, atau mungkin karena sulit.

Di Biologi sendiri ada beberapa soal-soal hits seperti tetes mata ajaib Ce6 (paling hits), pembuatan donat, industri jamu, soal-soal yang berkaitan dengan genetika, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mari kita bahas satu per satu.

Tetes Mata Ajaib Ce6

Naskah Soal:
Penglihatan malam bukanlah sesuatu yang manusia bisa miliki, seperti kucing, anjng, dan beberapa hewan lain. Di permukaan mata hewan tersebut terdapat membran yang disebut "tapetum lucidum". Kemampuan melihat kita terbatas pada ketersediaan cahaya. Peneliti dari grup ilmuwa Science for Masses California menemukan tetes mata ajaib yang membuat kita bisa melihat dalam gelap.

Mereka menggunakan senyawa Ce6 yang berasal dari ikan laut digabung dengan Saline, Insulin, dan dimetilsulfooksida (DMSO) lalu ditargetkan ke retina. Saat diujicobakan efeknya cukup sukses karena bisa melihat objek tangan yang berada sejauh 10 meter dan bisa mendeteksi posisi seseorang yang berdiri di area rimbun sejauh 50 meter pada suasana gelap.

Dari artikel ini, tetes mata ajaib yang mengandung senyawa Ce6 yang digunakan mempengaruhi mata dengan cara ....
A. mengaktifkan sel kerucut pada kondisi gelap
B. meningkatkan fotosensitivitas sel batang pada retina
C. membentuk membran seperti mata kucing
D. menambahkan kemampuan retina menangkap warna
E. meningkatkan intensitas cahaya untuk fotoreseptor

Pembahasan:
Pengujian tetes mata Ce6. sumber: img.gizmag.com

Sebetulnya tanpa harus mengetahui apa itu tetes mata Ce6 kita sudah bisa mengetahui jawabannya melalui analisa artikel di atas. Kata-kata terpenting dalam artikel tersebut adalah "... lalu ditargetkan ke retina.". Jadi dari kata-kata tersebut pilihan C dan E dapat dipastikan salah karena tidak ada hubungannya dengan retina.

Lalu kita perdalam lagi bahwa di retina terdapat dua sel utama yang bekerja yaitu sel kerucut (cone cell) yang merupakan reseptor warna dan sel batang (rod cell) yang merupakan reseptor cahaya/fotoreseptor. Untuk melihat dalam kegelapan, tentu sel batang kita harus lebih peka dari sebelumnya karena itu jawabannya adalah B. meningkatkan fotosensitivitas sel batang pada retina.

Buat kamu yang mau mengetahui lebih lanjut tentang tetes mata Ce6 dan pengujiannya, bisa lihat di sini.

Industri Jamu

Naskah Soal:
Taksonomi, Anatomi, dan Fisiologi tumbuhan merupakan cabang ilmu biologi yang dapat dimanfaatkan oleh manusia untuk mengembangkan ....
A. industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal
B. penemuan vaksin dan antibiotik dari tumbuhan
C. identifikasi jenis penyakit pada manusia
D. jenis makanan yang bernilai gizi tinggi
E. identifikasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit

Pembahasan:
Pabrik jamu Sido Muncul. sumber: liputa6.com

Berdasarkan soal, yang menjadi fokus di sini adalah Tumbuhan. Maka kita eleminasi dulu yang jaka sembung bawa golok aka gak nyambung goblok yaitu pilihan E karena membahas mikroba. Lalu kita eliminasi lagi pilihan yang terlalu umum yaitu D (karena makanan bergizi  tidak selalu dari tumbuhan) dan C (karena penyakit tidak selalu datang dari tumbuhan)

Lalu antara A dan B, mana yang benar? kalo menurut judul sih A. Tapi kenapa? karena pada opsi B ada yang janggal yaitu vaksin. Vaksin sejatinya adalah virus yang dilemahkan dan kalau dibuat menggunakan tumbuhan, bukan vaksin lagi namanya. Karena itu jawabannya adalah A. industri jamu sebagai alternatif obat-obatan herbal.

Pembuatan Donat

Naskah Soal:
Seorang siswa sedang mempraktekkan cara membuat donat. Dia menambahkan ragi ke dalam adonan tepung dan dibiarkan beberapa saat. Ternyata adonan tersebut mengembang. Hal ini terjadi karena adanya proses fermentasi yang menghasilkan ....
A. etanol
B. oksigen
C. panas
D. nitrogen
E. karbon dioksida


Pembahasan:
Oke, sobat tahu apa bagaimana reaksi fermentasi terjadi dan apa hasil dan by-productnya? Kalau lupa, berikut diagramnya.

Diagram fermentasi alkohol. sumber: unknown.

Nah, dari gambar tersebut terlihat 3 hasil utama fermentasi yaitu etanol, karbon dioksida, dan energi/panas (dalam bentuk ATP). Karena itu pilihan B dan D dapat langsung kita eliminasi. Lalu apa yang membuat adonan mengembang? tentu bukan etanol, karena etanol bentuknya cair maka A juga kita eliminasi.

Banyak yang menjawab panas dan karbon dioksida, mereka yang menjawab panas menganggap udara yang ada di dalam adonan mengembang karena panas namun maaf, fermentasi adalah reaksi anaerob jadi tidak ada udara di dalam adonan. Karena itu, jawabannya adalah E. karbon dioksida karena gas yang dihasilkan akan mendorong adonan keluar sehingga mengembang.

Penyakit Jantung

Naskah Soal:
Jantung sebagai pemompa akan mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Perjalanan darah dipengaruhi antara lain kondisi pembuluh darah. Ibarat kita berkendara di jalan raya kecepatan kita tergantung keadaan jalan rayanya. Semakin sedikit hambatan, perjalanan akan semakin cepat, demikian sebaliknya.

Apa yang terjadi pada tubuh seseorang jika mengalami kondisi pembuluh darah seperti pada gambar di atas?
A. Sirkulasi darah tidak lancar karena adanya bekuan darah yang disebut embolus
B. Sirkulasi darah tidak lancar karena tekanan darah naik, orang akan mengalami hipertensi
C. Sirkulasi darah pada arteri koronaria lambat yang akan mengakibatkan penyakit jantung koroner
D. elastisitas otot pembuluh darah berkurang, orang akan menderita arterosklerosis
E. elastisitas otot arteri koronaria menurun, orang akan menderita myocardial infraction

Pembahasan:
Pertama-tama, gambar itu menujukkan sebuah penyakit di Arteri Koronaria yaitu pembuluh darah di sekitar jantung. Penyakit di Arteri Koronaria dapat berupa sklerosis yaitu penyumbatan pembuluh darah seperti thrombus, embolus, arterosklerosis, arteriosklerosis yang dapat berujung kematian. Selain itu, ada juga serangan jantung (myocardial infraction) yang juga bisa terjadi di Arteri Koronaria.

Jadi jawabannya apa cuk! Jawaban yang paling benar adalah C. Sirkulasi darah pada arteri koronaria lambat yang akan mengakibatkan penyakit jantung koroner.
Karena bila A, pembekuan darah bukan penyakit-_- kalau darah tidak bisa membeku, artinya anda terkena hemofilia.
Bila B, hipertensi tidak ada hubungannya dengan penyakit di Arteri Koronaria
Bila D, arterosklerosis adalah penyumbatan pembuluh darah oleh lemak, bukan elastisitas otot
Bila E, myocardial infraction (serangan jantung) tidak ada hubungannya dengan elastisitas otot

Kelapa Bercabang

Naskah Soal:
Umumnya batang pohon kelapa tidak bercabang seperti terlihat di gambar sebelah kiri. Namun, ada juga batang pohon kelapa yang bercabang seperti yang terlihat pada gambar sebelah kanan. Penjelasan paling logis untuk fenomena tersebut adalah ....
A. lokasi pohon kelapa tersebut tumbuh mempengaruhi munculnya batang yang bercabang
B. variasi yang tidak biasa dapat muncul, salah satunya sebagai akibat terjadinya mutasi
C. mutasi pada batang pohon kelapa dapat memunculkan jenis pohon kelapa yang baru
D. lokasi dapat memunculkan varietas baru pohon kelapa, semakin jauh dari pantai kemungkinan pohon kelapa bercabang semakin besar
E. kejadian yang tidak biasa dapat terjadi bila terjadi fenomena alam yang tidak biasa juga seperti gerhana bulan atau matahari

Pembahasan:
Sumpah, saya yakin diantara kalian gak bakal jawab E! Jadi kita anggap pilihannya di sini hanya A, B, C, dan D saja karena E terlalu jaka sembung bawa golok. Untuk memahami soal seperti ini, kita perlu memperdalam mana yang namanya Spesiasi (pembentukan spesies baru) sebagai bagian dari Evolusi, dan mana yang namanya Mutasi.

Apakah kita menunggu ratusan tahun untuk melihat pohon kelapa bercabang? tentu tidak. maka dapat dipastikan pohon kelapa bercabang bukan hasil spesiasi yang disebabkan isolasi geografi (lokasi) seperti pada pilihan A dan D. Lalu apa jawaban yang benar? jawaban paling tepat adalah B. variasi yang tidak biasa dapat muncul, salah satunya sebagai akibat terjadinya mutasi. karena sesungguhnya tidak ada kemunculan jenis baru (spesies baru) seperti pada pilihan C, hanya variasi dari satu spesies yang sama.

Demikian beberapa pembahasan soal-soal UN Biologi 2016 yang ngehits. Kalau ada soal hits/non-hits lainnya yang perlu dibahas, komentar saja.

0 comments :

Posting Komentar

Brotot Facts: