Home » » Arecibo Message: Halo, Ada Alien Disana?

Arecibo Message: Halo, Ada Alien Disana?

Written By Harso Adjie Brotosukmono on Selasa, 29 Desember 2015 | 23.54


Apakah kita sendirian di Alam Semesta ini? Itulah pertanyaan besar manusia kenapa negara-negara maju berani menyisihkan uang yang cukup besar untuk melakukan eksplorasi ke kosmos yang luas, gelap, dan dingin. Sebelumnya, Adjie Brotot Blog pernah membahas tentang Apakah Makhluk Luar Angkasa itu Ada?. Kali ini, saya akan membahas salah satu langkah manusia untuk mencari "teman" di luar sana.

Perjalanan ke luar angkasa biayanya sangat mahal, jangankan untuk ke sistem bintang terdekat, Alpha Centauri, untuk mengirim manusia ke Mars saja, kita belum bisa. Apalagi, untuk mengunjungi planet-planet yang saat ini diyakini ada kehidupan disana, seperti Kepler-438b, Gliese 667 Cc, KOI-3010.01, dan lain-lain yang jaraknya ratusan tahun cahaya dari tata surya.

Namun, Manusia adalah pekerja keras yang tidak langsung menyerah, salah satu cara manusia untuk 'berkomunikasi' dengan alien adalah dengan mengirimkan pesan dengan gelombang radio. Gelombang radio dipilih karena peradaban maju, dipastikan sudah berhasil menemukan penerima sinyal radio. Pesan itu dikenal sebagai The Arecibo Message.

Arecibo Observatory

Tampak Atas Arecibo Radio Telescope
sumber: wikipedia

Arecibo Observatory adalah perangkat teleskop radio yang digunakan untuk mengirimkan Arecibo Message. Observatorium ini dioperasikan oleh Cornell University dan terletak di Arecibo, Puerto Rico. Teleskop yang dibangun tahun 1963 ini memiliki diameter 305 meter, yak, lebih panjang dari tinggi gedung tertinggi di Indonesia.

Arecibo Observatory memang bukan teleskop yang didesain untuk menerima gambar sebagaimana teleskop optik, namun ini adalah teleskop radio, yang didesain untuk menerima gelombang elektromagnetik tidak tampak dengan panjang gelombang dari 1 hingga 3 meter.

Mengirim Arecibo Message

Arecibo Message dalam biner (kanan), BW (tengah), dan color (kiri).
sumber: writescience
KLIK UNTUK MEMPERBESAR

Pesan Arecibo ditransmisikan menuju gugus galaksi M13 yang berjarak 250.000 tahun cahaya jauhnya, diharapkan, akan mendapatkan balasan suatu saat nanti. Pesan ini dikirimkan melalui kode biner yang terdiri atas 1679 bit (sekitar 210 byte) dengan frekuensi 2380 MHz pada 16 November 1974. 

Walaupun ilmuwan tahu, bahwa ketika pesan mereka sampai suatu saat nanti, tidak akan lagi tepat sesuai bidikan mereka, karena galaksi-galaksi itu bergerak sementara butuh 250.000 tahun lagi agar pesan ini sampai ke gugus galaksi M13. Itupun, bila gelombang ini diterima tepat oleh planet dengan peradaban maju dengan syarat penerima sinyal radio sudah diterima. Namun jika beruntung, pesan ini bisa saja diterima oleh planet lain sepanjang perjalanannya ke M13, namun kemungkinan itu sepertinya sangatlah kecil.

Isi Arecibo Message

Arecibo Message mengandung informasi-informasi seputar kehidupan di bumi dan manusia, Informasi itu jika dijabarkan dalam grafik, akan terdapat 73 kolom dan 23 baris (seperti gambar diatas) yang masing-masing memiliki 7 pesan yang ingin disampaikan, yaitu:

Angka 1 - 10

Angka 1 - 10 dalam grafik biner

Pesan pertama adalah angka 1 hingga 10 yang ditulis dalam biner berturut-turut 001, 010, 011, 100, 101, 110, 111, 1000, 1001, 1010.  Angka-angka ini adalah angka pertama yang dikenal manusia, yang diharapkan, alien dengan peradaban maju juga sudah mengenal angka, setidaknya 1 hingga 10.

5 Atom Penyusun Kehidupan

Hidrogen, Karbon, Nitrogen, Oksigen, dan Fosfor dalam grafik biner

Secara berurutan, Arecibo Message memuat 5 atom utama penyusun DNA dengan menuliskan nomor atomnya. Karena, di bagian manapun di alam semesta, atom-atom pastilah sama. Atom hidrogen di bumi adalah atom hidrogen yang sama dengan di M13. Pesan itu dituliskan dalam biner: 0001, 0110, 0111, 1000, 1111 yang secara berturut-turut bermakna 1, 6, 7, 8, dan 15 yang merupakan nomor atom dari Hidrogen, Karbon, Nitrogen, Oksigen, dan Fosfor.

Struktur Nukleotida

Struktur 4 nukleotida yang mengandung 4 jenis basa nitogen dalam grafik biner

Pesan Arecibo juga membuat struktur dari senyawa penyusun semua jenis kehidupan di bumi, yaitu Nukleotida. Dalam Pesan Arecibo, terdapat 4 gula deoksiribosa, 4 fosfat, dan 1 dari masing-masing basa nitrogen (adenine, thymine, guanine, dan cytosine) membentuk 4 nukleotida. 

Pesan ini dikirim dalam bentuk biner berdasarkan jumlah atom penyusunnya, misalkan gula deoksiribosa yang memiliki rumus C5H7O akan dituliskan 111 101 000 001 000 yang diartikan 7, 5, 0, 1, dan 0 artinya molekul tersebut memiliki 7 atom hidrogen, 5 atom karbon, 0 atom nitrogen, 1 atom oksigen, dan 0 atom fosfor.

Struktur DNA (DeoxyriboNucleic Acid)

Struktur DNA Double Helix dan jumlah nukleotida pada DNA manusia dalam grafik biner

Selanjutnya adalah gambar dari struktur DNA yang double helix diperlihatkan. Di bumi, segala jenis kehidupan disusun oleh DNA. Diharapkan, makhluk hidup di luar sana juga merupakan makhluk hidup yang tersusun atas DNA sehingga dapat mengerti isi pesan tersebut bahwa bumi adalah planet berkehidupan.

Pada bagian tengah juga terdapat biner bertuliskan 1111111111101111 1011101101111110 jika ditafsirkan adalah angka 4.293.901.183 yang merupakan jumlah nukeotida dalam DNA manusia berdasarkan penelitian terakhir saat itu (saat ini sudah kita ketahui bahwa ternyata jumlah itu salah).

Manusia

Tinggi manusia, Manusia, dan Populasi Manusia dalam grafik biner

Pesan berikutnya adalah tentang manusia, pada gambar di tengah ditunjukkan rupa seorang manusia pada umumnya. Di kiri gambar, terdapat kode biner 1110 (14) yang jika dikalikan dengan panjang gelombang 126 mm akan menghasilkan angka 1.764 mm yang merupakan tinggi manusia pada umumnya.

Di kanan, terdapat kode biner 000011 111111 110111 111011 111111 110110 yang ditafsirkan 4.292.853.750 yang merupakan populasi manusia di bumi saat itu.

Tata Surya

Tata Surya dalam grafik biner

Berikutnya adalah gambar dari sistem bintang kita, yaitu tata surya. Ditunjukkan gambar matahari dan planet-planet dari merkurius hingga pluto (saat itu pluto masih planet). Planet ketiga (bumi) dibuat berbeda untuk menunjukkan bahwa itu adalah planet sumber sinyal radio yang dikirimkan.

Arecibo Observatory

Gambar Aricebo Observatory dalam grafik biner

Terakhir adalah gambar dari perangkat pengirim sinyal, Teleskop Arecibo di Arecibo Observatory, Puerto Rico. Di bawahnya tertulis kode biner 100101 111110 yang diartikan 2430, jika dikalikan dengan panjang gelombang 126 mm akan menghasilkan 306.180 mm yang merupakan diameter teleskop arecibo pada saat itu.

Kok Cuma Di-read?

sumber: knowyourmeme

Pertanyaan besarnya kali ini adalah, "Kenapa tidak ada yang membalas pesan tersebut?" Apakah manusia bumi memang terlalu jones, sehingga alien-alien di luar sana tidak mau membalas pesan kita, atau ada sebab lain? Beberapa yang bisa saya tafsirkan, diantaranya adalah:
  1. Pesan Belum Sampai. Gelombang elektromagnetik yang kita pancarkan, butuh waktu setidaknya 250.000 tahun untuk mencapai M13, sementara dari tahun 1974 ke 2015 baru berjalan 41 tahun, sementara pada jarak 0-41 tahun cahaya, kita belum mengidentifikasi planet yang diduga kuat memiliki kehidupan cerdas. Karena kalau ada, pasti kita sudah bertukar pin BBM sejak dahulu. Karena jarak yang tidak terlalu jauh, kita dan mereka pasti sudah saling kenal.

  2. Kehidupan Belum Maju. Sebab lainnya adalah kehidupan di galaksi target maupun sekitarnya bukanlah bentuk peradaban maju, melainkan peradaban primitif seperti manusia purba atau bahkan bakteri-bakteri.

  3. What a Nonsense. Sebab berikutnya adalah, alien yang salah menafsirkan pesan. Pesan yang dikirimkan begitu kecil (210 byte saja) dan dikirim melalui gelombang radio. Penerima tidak hanya para alien peneliti, namun juga bisa saja masyarakat alien biasa sehingga mereka menganggap pesan kecil dan acak itu bukan sebagai apa-apa, hanya lebih kepada kesalahan teknis.

    Sebagai contoh, ketika kamu merasakan kresek-kresek pada radio atau televisi atau bahkan sinyal internet secara tiba-tiba dan sebentar down. Bagaimana kamu akan menanggapi itu? pasti biasa saja dan tidak ada yang aneh. Siapa yang tahu kalau anomali yang kamu rasakan itu adalah "Arecibo Message" dari mereka di luar sana yang secara tidak sengaja diterima oleh kamu?

0 comments :

Posting Komentar

Brotot Facts: