Home » » Review Lenovo IdeaPad G400s

Review Lenovo IdeaPad G400s

Written By Harso Adjie Broto on Selasa, 13 Agustus 2013 | 11.34


Yak, setelah saya bertanya-tanya kepada sobat semua untuk memilih laptop, tepatnya di post ini, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Lenovo IdeaPad G400s (entah apa ini seri 485 atau bukan...). sebelum kita mereview laptop keren ini kita ucapkan selamat tinggal dulu kepada Dell Vostro 1014 yang waktu itu masih terbaik di jamannya :'))

Dell Vostro 1014 Core 2 Duo

Kalau Dell Vostro 1014 saya beli di pemeran Indocomtech, Lenovo IdeaPad G400s ini saya beli di sebuah toko kecil di mal mangga dua. Jika kamu orang yang memerlukan laptop dengan peforma grafis tinggi, dan bukan orang yang menilai laptop dari mereknya seperti kebanyakan orang alay diluar sana yang membeli Apple Macbook atau Sony Vaio hanya untuk ajang pamer merek padahal mereka bukanlah designer yang butuh laptop canggih (elah-_-), Lenovo G400s worth banget buat kamu yang ingin laptop canggih dengan harga yang tidak terlalu tinggi.

Lenovo IdeaPad G400s i5

Seperti yang sudah kita ketahui di posting sebelumnya, Lenovo G400s ini sudah terpasang Processor Intel Core i5-3230M Ivy Bridge yang sudah dilengkapi teknologi Turbo Boost yang dapat mem-boost clock rate sampai ke angka 3.2 Gigahertz. Di laptop ini terdapat RAM DDR3 sebesar 4 GB, sayangnya versi yang saya dapatkan hanya 1 slot RAM. Dalam laptop ini juga terpasang 2 graphic card, yaitu Intel HD4000 1.7 GB sebagai VGA onboard dan NVidia GeForce GT720M 2.0 GB sebagai VGA tambahannya. Jangan kaget ketika melihat dxdiag, VGA yang disebutkan adalah Intel HD4000, karena dengan sistem pintar lenovo, VGA NVidia hanya akan menyala ketika dibutuhkan. Sistem ini jauh lebih menghemat baterai.

Intel Core i5-3230M 3rd Generation (Ivy Bridge) + NVidia GeForce GT720M

Selain dari sisi hardware bagian dalam yang menggiurkan untuk laptop dengan harga dibawah 6 juta, hardware bagian luar laptop ini juga menarik. Diantaranya adalah laptop ini sudah dilengkapi teknologi DVD+RW Drive, HDMI, dan USB3.0 yang dapat mentransfer data sampai kecepatan 3 GBps.

Kiri ke kanan: LAN, HDMI, USB3.0, USB3.0

Laptop ini juga nyaman dipakai mengetik, keyboard AccuType yang dipasangkan di laptop ini terbukti bisa membuat saya terbiasa hanya dalam beberapa jam. Kelemahan keyboard AccuType di Lenovo G400s ini adalah jumlah fungsi tombol yang banyak digabungkan dalam 1 tombol dan fungsi tombol F1-F12 yang digantikan dengan fungsi tombol laptop. (ngerti ga?-_- oke abaikan, yang pasti keyboard AccuType ini bener-bener nikmat untuk mengetik)

Keyboard AccuType

Apalah arti ini-itu yang bagus ketika belum dicoba. Sebelum kita mencoba dengan game-game kesukaan saya, agar lebih rapih dekstop saya pakaikan ObjectDock, tadinya taskbar bawaan windows mau saya hilangkan agar terlihat seperti tampilan MacBook, namun ternyata saya lebih terbiasa dengan windows :-| Dekstop yang rapih ditambah wallpaper kapal bintang enterprise yang HD membuat laptop ini terlihat semakin elegan dan berkelas.

Dekstop

Game yang pertama kali saya coba di laptop ini adalah Command and Conquer: Red Alert 3: Uprising dan Cities in Motion 2 dalam mode grafis ultra high, dan laptop ini mampu menghajar kedua game itu tanpa lag.

Command & Conquer Red Alert 3 Uprising - Ultra High Mode - No Lag
Cities in Motion 2 - Very High Mode - No Lag

Selain 2 game lumayan berat itu, saya juga mencoba ke game-game jaman dulu full mod seperti SimCity 4 dan GTA San Andreas, pada GTA Multiplayer saya merasakan perubahan yang cukup signifikan, gerakan yang sangat mulus dan tidak lag, seakan saya menembak selalu kena. Hal tersebut selain didukung laptop yang mantap juga didukung dengan mouse yang mantap. Mouse 15 ribu rupiah atau Mouse bergambar micky mouse tentu kurang mantap untuk tembak-menembak. Namun, Mouse Logitech (saya lupa serinya) ini sangat mantap peformanya dan sensor optiknya bisa dipakai disegala bidang, baik di atas kertas putih, meja kayu, kasur, paha anda, dll. Untuk modemnya, no Comment yah-,- tapi kebetulan akhir-akhir ini kecepatannya lagi bersahabat.

Modem Smartfren + Mouse Wireless Logitech

Dibalik semua kelebihan itu pasti ada kelemahannya, yaitu baterai laptop ini yang hanya 4-cell menjadikannya sangat mudah habis. Namun walau begitu, tidak serta-merta habis dalam hitungan menit, laptop ini bisa bertahan 1 jam lebih dengan kondisi memainkan game berat. Atau sekitar 3 jam dalam kondisi standby/program office. Satu kelemahan lagi dari produk Lenovo IdeaPad G400s ini adalah hanya tersedia warna hitam, namun desain laptop ini tetap terlihat elegan dan berkelas.

Jika kamu melihat laptop ini dan ngiler, kamu bisa mendapatkan laptop ini di toko laptop terdekat, biasanya laptop ini dibandrol dengan harga awal Rp5,600,000 namun saya mendapatkannya dengan harga Rp5,450,000. Jika menurutmu harga itu masih cukup mahal, Lenovo IdeaPad G400s juga menyediakan versi Intel Core i3 dengan harga awal Rp4,700,000. Baik versi i3 maupun i5, laptop ini tetap dilengkapi Graphic Card NVidia GeForce yang terkenal bandel baik untuk gaming maupun desain grafis.

46 comments :

  1. The Most Kece laptop in 2013!

    BalasHapus
  2. ane mau nanya nh gan, ane rencananya juga mau beli lenovo g400s kyk agan.. ane mau nanya apa yg tipe kyk agan itu ada bluetoothnya gak gan?? thx :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kook, sudah bluetooth 4.0 malah :D namun harus download drivernya dulu dari situs lenovo (300MB) karena fitur USB3.0 dan Bluetooth pada saat awal beli pasti ga bisa dipake...

      Hapus
    2. oh karena awal beli kgk ad OSny ya gan?? haha okelh gan mudah2an ane bs segera beli.. :D oh ya gan jd kekurangan laptop ni apa aj ya slain batereny(tergantung jg sh)?

      Hapus
    3. Menurut saya untuk saat ini yang umum cuma 2 itu kelemahannya, Baterai sama hanya tersedia warna hitam. Ada lagi sih, Webcam cuma 0.3 MP dan tidak ada microphone jack.

      Hapus
    4. oh iya ada lagi, fungsi f1-f12 yang digantikan fungsi dasar laptop, jadi kalo mau mencet f1-f12 itu harus pencet fn dulu, kalo menurut saya sih ini lumayan mengganggu..

      Hapus
    5. jadi klo mau refresh harus pencet fn+f5 gitu gan?? apa gmn?? hehe...
      sm klo OSNya bausan Win 7 ato 8 gan??

      Hapus
    6. yap benar sekali. terserah itu mah.. tapi kalo OS bajakan mending windows 7, windows 8 belum sempurna

      Hapus
    7. oh gitu ya... okedh klo gitu.. mudah2an ane bs beli ni laptop.. :D ntar ane minta bantuan lg sm agan klo boleh.. thx sblummnya :D

      Hapus
    8. sipp gan, selamat menikmati Lenovo G400s, jangan lupa dishare juga reviewnya..

      Hapus
    9. oh ya gan 1 lg... ane mau nanya.. yg seri g400s ini ada lampu indikator harddisknya gak gan??

      Hapus
    10. gak usah download gan udah ada cd driver nya kok...
      gw juga udah make,,,

      Hapus
  3. Mendingan yang i3 atau i5 ya? :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. i5 dong, clock ratenya lebih tinggi 2.6 GHz, i3 hanya 2.3 GHz ditambah dengan teknologi Turbo Boost bisa mencapai 3.2 GHz, namun sesuaikan dengan budget aja :D

      Hapus
  4. Gan utk windows 7 driver nya dpt dr mana? apa kaset bawaan nya agan pake buat windows 7 atau download?

    BalasHapus
    Balasan
    1. driver windows 7 kok gak support semuanya ya?misal LAN (ethernet)gak ada.

      Hapus
    2. driver untuk windows 7 kok gak lengkap ya gan?misal LAN (ethernet).soalnya sangat dibutuhkan dalam kerjaan saya.

      Hapus
    3. langsung make cd driver bawaan aja gan :)

      Hapus
  5. setelah baca tanya jawab tentang g400s ,,ane trtarik mas harso heheh

    BalasHapus
  6. agan pake activator yg apa??
    soalnya ane pake windows loader gk bisa,, pdhl di laptop lain bisa,,
    minta link bwt download activatornya gan,,
    makasih

    BalasHapus
  7. Tambahan aja untuk reviewnya...
    Kelemahannya selain yang sudah disebut diatas adalagi yaitu beratnya mencapai 2.2 kg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantan pengguna netbook sob? sukanya yang ringan2 :D 2.2 kg itu udah konsekuensi dari notebook 14 inci dengan DVD+RW, coba ente cari deh notebook 14 inci + DVD+RW yang beratnya dibawah 2 kg. dijamin kagak bakal ada, andai ada jg harganya selangit karena dikategorikan super slim.

      Lenovo G400s ini udah termasuk slim laptop, ga terlalu berat. Kalo sobat mau tau, alienware beratnya bisa sampe 4 kg

      Hapus
    2. WEWW... Alien Ware,.,. ngeri brooo denger harga laptop yg ampe selangit gitu... Thanks Reviewnya,.,. kepincut neee

      Hapus
  8. ane udah beli nih laptop.. dan memuaskan di segala lini.. kecuali baterai... sama ane belom ngerti cara pake bloetooth nya.. bisa bantu ga gan? ane pake windows 8 walau bajakan sih

    BalasHapus
  9. gan, ane baru aja beli nih laptop. tapi ane punya masalah di dvd room itu lemah ngembacanya pas muter bunyi nyit berenti kaya macet gitu udh gitu muter lg. kan ane rasain kalo muter kerasa di atas kesing. itu yg punya agan2 emang kaya gitu apa yg laptop saya doang bermasalah di dvd roomnya? :(

    BalasHapus
  10. Mas, mau nanya. saya beli yg sama kaya mas itu G400s i5. tapi bermasalah di dvd roomnya. kalo ngembaca disc kaya drivernya lemah, misal install kaya wlan aja itu butuh waktu 10 menitan.
    dan kalo pake disc2 dvd rw instalan winsows, aplikasi lain ngembaca lemah muter tapi bunyi nyit stop muternya, lalu muter lg bunyi nyit lg dan begitu terus kan saya rabah pake tangan di atas kesingnya kalo berputar itu kerasa poros pas berenti juga kerasa. Dan dvd rw yg berat2 kebaca tapi loading terus ga masuk2. ini lap saya yg begini masalah di dvd roomnya apa yg lain sama pengalamanny?

    BalasHapus
  11. gana ane baru aja beli ni laptop mau nanya kebetulan laptopnya ane pasang windows seven dan drivernya dari cd bawaan yang notabene digunakan untuk windows 8 tetapi ane paksain aja instal dari cd bawaan dan alhamdulillah gak ada masalah gan semua driver terpasang degan baik menurut agan gimana ya apa ane tetep download yang versi windows 7 apa stay dengna driver yang ada mohon penverahannya thanks :D

    BalasHapus
  12. bro punya installan driver cameranya ga gw uda coba download dari lenovo sama aja kaya di cd nya driver ga ketemu gw pake win7 64 bit tq

    BalasHapus
  13. Gan, ane udah coba install pake win7, tp setiap ane install driver vga nya (intel) pas masuk ke windows selalu blank, soalnya untuk install driver nvidia selalu minta install dulu intel@driver..ane sudah coba beberapa kali, tp hasilnya tetap blank...Mohon pencerahannya. Thanks

    BalasHapus
  14. gan, ane jadi pengen gan, kira2 sekarang harganya turun kagak yak :v

    BalasHapus
  15. mau tanya dong gan , kok kadang2 performa dari laptop nya aneh ya ?? kadang bagus bgt kadang nurun, saya cobain kan main audition game online fpsnya kadang 60 kadang 160-180 -__-"

    BalasHapus
    Balasan
    1. itumah mungkin internetnya-_- masa iya laptop Core i5 ga kuat main game kyk gitu... tooh dipake main Star Trek 2013 di TV LG 32" resolusi full aja ga lag..

      Hapus
  16. Ente lokasi beli laptopnya dimana?

    BalasHapus
  17. kalo Lenovo G400s ini lawan Lenovo IdeaPad B490-0706 menang mana gan? Sama" core i5 ivy bridge...
    Oiya gan, ini Lenovo G400s seri apa gan? Yg ane tahu laptop ini G400s-6485 gan... Kalo gk salah !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagusan Lenovo G400s gan, tujuan laptop ini dirilis sama lenovo soal'e bukan untuk cari keuntungan yang besar, tapi untuk meningkatkan user lenovo, maka dirilislah laptop murah dengan spek dahsyat..

      Lenovo G400s itu seri lenovo G (terbaru) ada G400s, G405, G500s, dan lain-lain. Termasuk kelas laptop low price mid-end spec.

      Hapus
    2. makasih gan info'a...
      Sekalian ané boléh request gak gan?
      Ané minta review/spesifikasi laptop yang i5-4xxx ( seri haswell) kalo boleh gan...
      Kalo boleh, yg kisaran 6jt kebawah klo bisa... Hehehe :-)
      ané sbenernya ada nemu merk lenovo core i5-4200M + AMD Radeon 8750M gk tau seri apa harga'a dibawah 6jt gan...
      Makasih gan sblum'a :)

      Hapus
  18. Gan, webcam ane ga terang gan.. gelap. Apa emang gtu ya? Kalah ama netbook ane yg dulu merk HP. Apa punya agan pada bgitu juga lenovo G400s nya?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk sayang sekali walau dibekali resolusi High Definition (HD) atau 1280x720 tapi kamera lenovo G400s ini gak dibekali sensor cahaya yang memadai, jadi cahaya yang bisa ditangkap cuma sedikit. apa solusinya?
      1. Lampu rumah harus bener-bener terang
      2. pas mau video call, taro lampu belajar/senter/lampu emergency tepat diatas webcamnya

      Hapus
  19. gan, ni laptop pkai combo jack. .
    tpi kalau pas d colokin mic, kok ga kdeteksi mic in ny y?
    solusi ny gmana ni gan?

    BalasHapus
  20. gan, ni laptop pkai combo jack
    tpi pas d colokin mic, ga kedeteksi mic in. .
    .
    biar kedeteksi mic in, solusi nya gmana y gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. masalah kita sama ternyata ;) sampai sekarang saya masih belum tahu penyebabnya apa.. mungkin drivernya, tapi di saya driver sudah di install :/ telpon aja call center lenovonya coba..

      Hapus
    2. cara ngbungin call centre nya gmn brother??

      Hapus
  21. gan, laptop saya lenovo G400s, kenapa webcamnya tidak berfungsi, padahal saya udah instal driver bawaannya, tapi tidak bisa di instal, disitu tulisannya no appropriate driver to be installed, saya coba instal manycam, tapi tetap juga tidak terdeksi webcamnya,trus saya coba cyberlink cam, tetap tidak bisa gan, katanya plugin nya tidak aktif. saya pakai windows 8 gan, kenapa kira2 itu gan ??? mohon solusinya

    BalasHapus
  22. itu ada yg dual slot gan?
    trus udah main game berat apa aja?

    BalasHapus

Brotot Facts: