Home » » Profesi Yang Tidak Libur Saat Lebaran

Profesi Yang Tidak Libur Saat Lebaran

Written By Harso Adjie Broto on Senin, 05 Agustus 2013 | 10.51


Sobat brotot mudik ke mana? Momen lebaran memang menjadi ajang berkumpulnya keluarga besar. Namun yang namanya pekerjaan penting tidak bisa ditinggalkan. Ada beberapa profesi yang tidak bisa libur disaat hari raya idul fitri. Profesi apa sajakah itu?

1. Pilot dan Pramugari


Pilot beserta Pramugari suatu maskapai (terutama maskapai lokal) merupakan profesi pertama yang tidak bisa menikmati libur lebaran. Bahkan di momen mudik lebaran jam terbang mereka akan ditambah untuk mengantar masyarakat menuju kampung halaman.

2. Supir


Supir, baik supir truk atau bus tentu tidak bisa menikmati libur lebaran. Mereka sangat dibutuhkan di musim mudik lebaran untuk mengantar para pemudik ke kampung halaman. Selain itu para supir truk juga dibutuhkan untuk mengantar Sembako dan Bahan Bakar agar tidak terjadi masalah/kelangkaan di musim mudik lebaran.

3. Masinis


Para Masinis bernasib sama dengan para pilot dan supir, yaitu tidak bisa menikmati libur lebaran. Perlu diketahui Kereta merupakan salah satu moda transportasi paling diminati selama musim mudik lebaran. Pada musim mudik lebaran, KAI bisa menjalankan kereta-kereta tambahan dan menambah gerbong dalam suatu rangkaian. Itu akan menjadi tugas tambahan bagi para Masinis.

4. Koki dan Pelayan Restoran


Musim lebaran tentu menjadi ajang bagi restoran untuk mencari keuntungan yang sebesar-besarnya, terutama restoran yang ada di sekitar jalur mudik dan tempat wisata. Tidak mungkin pelanggan masak dan melayani diri sendiri, karena itu, Koki dan Pelayan Restoran merupakan salah satu profesi yang tidak bisa menikmati libur saat Lebaran tiba.

5. Dokter


Sebagian dokter mungkin dapat menikmati libur lebaran dan jalan-jalan/mudik bersama keluarga, namun kebanyakan tidak. Para dokter sangat dibutuhkan pada musim mudik lebaran karena kecelakaan lalu lintas tak jarang akan terjadi. Para dokter disebar ke rumah sakit sepanjang jalur mudik lebaran untuk berjaga-jaga jika suatu saat terjadi kecelakaan dan korban memerlukan pertolongan darurat.

6. Polisi


Polisi, terutama Polisi Lalu Lintas tentu tidak bisa menikmati libur lebaran. Tanpa mereka arus mudik akan sangat kacau dan banyak kecelakaan akibat kecerobohan pengguna jalan. Selain itu polisi juga bertugas untuk mengamankan moda transportasi umum seperti Kereta Api.

7. Petugas Gerbang Tol


Baru segelintir mobil di Indonesia ini yang dilengkapi E-Toll Pass dan hanya beberapa gerbang tol yang dilengkapi E-Toll Pass. Begitu juga dengan E-Toll Card, baru beberapa pengguna jalan tol yang sudah memiliki E-Toll Card, sisanya, masih mengandalkan uang cash. Karena itu, Petugas Gerbang Tol tidak bisa menikmati libur lebaran. Bahkan, tenaga mereka akan lebih dikuras melayani ratusan ribu kendaraan yang melewati jalan tol.

8. Petugas Pom Bensin (SPBU)


Petugas SPBU tentu tidak bisa menikmati libur lebaran. Jika mereka libur, maka acara mudik sobat brotot tidak akan berjalan lancar dengan semestinya. Sebuah mobil MPV yang diisi full-tank mungkin tidak akan cukup untuk perjalanan dari Jakarta menuju kampung halaman di Jawa Tengah dan Jawa Timur dan sekitarnya melewati kemacetan yang sangat parah.

9. Penyiar


Para penyiar stasiun televisi atau radio tidak bisa menikmati libur lebaran. Mereka akan dikirim ke daerah-daerah jalur mudik untuk mengabarkan kondisi disana secara langsung.

10. Pedagang Mainan


Sesaat setelah hari pertama lebaran, anak-anak akan mendapatkan uang THR dari sanak saudara atau tetangga, apa yang kira-kira anak kecil akan belanjakan dengan uang itu? tentu saja mainan! Momen lebaran menjadi ajang bagi para penjual mainan untuk mendapatkan keuntungan. Jika mereka libur? mereka akan kehilangan berkah lebaran :3

Sekian Profesi yang tidak bisa libur saat hari raya idul fitri (lebaran). Sebenarnya masih ada banyak lagi profesi yang tidak bisa libur saat lebaran seperti Nahkoda Kapal, Petugas Pembangkit Listrik, Petugas Tambang MIGAS, dan lain-lain.

2 comments :

Brotot Facts: