Home » » Metode Ilmiah Dalam Penelitian

Metode Ilmiah Dalam Penelitian

Written By Harso Adjie Broto on Kamis, 15 Agustus 2013 | 12.37


Yak, apa kabar sobat brotot dari berbagai belahan dunia-_- Kalo zaman dulu saya sudah pernah post Cabang dalam Ilmu Biologi request dari Nada Eprilia, anak SMA mana taulah. Sekarang saya mau post tentang Metode Ilmiah Dalam Penelitian, masih di bab yang sama dengan Cabang Ilmu Biologi, yaitu bab Hakikat Ilmu Biologi. Oke, seperti yang kita ketahui, ada 5 alur dalam melakukan penelitian, yaitu:
  1. Merumuskan Latar Belakang Masalah
  2. Membuat Hipotesis (Dugaan Awal)
  3. Mengumpulkan Data
  4. Mengolah Data
  5. Membuat Laporan
Peringatan! Hasil dari penelitian ini hanyalah contoh fiksional, bukan berdasarkan penelitian asli, sangat tidak disarankan untuk disalin.

1. Latar Belakang Masalah

Pertama kali kita harus menemukan topik latar belakang apa yang akan kita teliti, misalkan saya mengambil topik "Pengaruh Obat-Obatan Manusia Terhadap Hewan" dengan menggunakan anak ayam sebagai variabel tetapnya dan obat cepet berak pencahar sebagai variabel bebasnya. Dengan begitu jika perumusan masalah diubah kedalam kalimat tanya, maka akan menjadi: "Apakah obat pencahar berpengaruh bagi anak ayam?"

2. Hipotesis

Hipotesis adalah dugaan awal, jika latar belakang masalahnya "Apakah obat pencahar berpengaruh bagi anak ayam?" maka hipotesisnya dapat dibagi dua, yaitu Hipotesis Nol (H0) yang berbunyi "Obat pencahar tidak berpengaruh bagi anak ayam" dan Hipotesis Alternatif (H1) yang berbunyi "Obat pencahar berpengaruh bagi anak ayam". Hipotesis lalu akan dibuktikan melalui pengumpulan data/penelitian.

3. Pengumpulan Data

Dalam mengumpulkan data variabel tetap harus sama sementara variabel bebas diatur jumlahnya. Dalam meneliti tidak bisa disimpulkan sebuah hasil hanya dengan 1x percobaan, butuh pengulangan seminimalnya sebanyak 3x sehingga mendapatkan data yang akurat. Dalam penelitian Pengaruh Obat-Obatan Manusia Terhadap Hewan, kita menggunakan obat pencahar dengan merek yang sama dihaluskan lalu dicampur ke makanan ayam (dedak) lalu kita melakukan percobaan sebagai berikut:
  • 3x Percobaan dengan Dosis @0 Tablet
  • 3x Percobaan dengan Dosis @1/2 Tablet
  • 3x Percobaan dengan Dosis @1 Tablet
  • 3x Percobaan dengan Dosis @2 Tablet
Dari hasil masing-masing percobaan itu maka akan didapatkan hasil, hasilnya dalam tema percobaan ini adalah lamanya waktu bagi ayam untuk berak buang air besar. Selanjutnya hasil penelitian akan dibuat sebagai data.

4. Mengolah Data

Data dapat dijadikan sebuah grafik atau tabel yang mudah dibaca. Data dikelompokkan kedalam percobaan ke-... lalu dibuat rata-rata yang akan menjadikannya hasil/kesimpulan dari penelitian yang kita lakukan. Contohnya sebagai berikut:


Lambang infinity menandakan anak ayam tidak berreaksi apa-apa atau membutuhkan waktu yang jauh lebih lama untuk mengetahui hasilnya. Setelah selesai mengolah data saatnya membuat Laporan dan kesimpulan.

5. Membuat Laporan

Dalam laporan hal-hal yang kita camtumkan adalah:
  1. Pendahuluan, yaitu berisi latar belakang masalah dan tujuan penelitian yang akan kita lakukan
  2. Tinjauan Pustaka, artikel mengenai hal yang mirip dengan penelitian yang akan kita lakukan, misalnya dalam penelitian anak ayam dan obat pencahar ini kita bisa mengutip artikel "Pengaruh Obat Manusia Bagi Hewan" dapat diambil dari buku/internet.
  3. Hipotesis, dugaan awal
  4. Metode Penelitian, menjelaskan alat, bahan, dan langkah-langkah kita dalam melakukan penelitian
  5. Hasil dan Pembahasan, yaitu berisi data yang telah diolah baik dalam tabel maupun grafik, serta penjelasannya.
  6. Simpulan dan Saran, yaitu kesimpulan/dugaan akhir dari penelitian kita beserta saran untuk kedepannya, misalkan dalam penelitian anak ayam dan obat cepet berak pencahar ini dapat dikatakan kesimpulannya "Obat-obatan manusia juga dapat mempengaruhi hewan, obat pencahar dapat membuat anak ayam buang air besar lebih cepat dari semestinya" sementara sarannya adalah "jangan memberikan sembarang obat-obatan manusia kepada hewan"
  7. Daftar Pustaka, sumber-sumber tinjauan pustaka, atau kutipan-kutipan yang kita pakai dalam pembahasan baik dari buku, media lisan, maupun internet.

Yak, sekian yang dapat saya jelaskan. Semoga dapat mempermudah sobat dalam mengerjakan tugas. Kalo ada yang salah-salah maap ye-_- gausah marah gitu, komen aja. Dan sekali lagi artikel yang ini tidak disarankan untuk dicopas karena bukan berasal dari penelitian asli. Dasvidanya ;)

1 comments :

  1. kalo data hasil wawancara narasumber gmana cara ngolahnya?

    BalasHapus

Brotot Facts: