Home » » Benarkah Makhluk Luar Angkasa itu Ada?

Benarkah Makhluk Luar Angkasa itu Ada?

Written By Harso Adjie Broto on Rabu, 19 Juni 2013 | 16.08

Benarkah Alien itu Ada?
Alien-Alien pada Film Fiksi Ilmia

Sobat brotot semuanya pasti tinggal dan lahir di Bumi, kan? Secara, belum pernah ada track record pengunjung dari Kronos, Vulcan, atau Alpha Centauri. Planet Bumi terletak di Tata Surya, berputar mengelilingi Matahari bersama 7 planet lain. Tata Surya sendiri terletak di Lengan Orion, Galaksi Bimasakti. Bersama kerabat terdekat kita, Alpha Centauri berputar mengelilingi lubang hitam di pusat galaksi.

Jika ilmuwan zaman dahulu bertanya apa yang ada di permukaan mars, maka ilmuwan zaman sekarang bertanya apakah kita hidup sendirian di alam semesta ini?

Galaksi Bimasakti

Bimasakti, rumah tinggal kita yang membentang 100.000 tahun cahaya diameternya bertetangga dengan galaksi Andromeda di gugus galaksi Local Group, memiliki sekitar 300 milyar bintang. Kebanyakan bintang memiliki planet yang mengitarinya, hampir 90% bintang memiliki planet. Setiap bintang, sekiranya pasti memiliki zona penunjang kehidupan atau habitable zone. Jika ada sebuah planet dengan ukuran yang tepat, komposisi planet yang tepat, serta berada tepat di habitable zone. Maka bukannya tidak mungkin di planet itu terdapat kehidupan sama seperti di bumi.

Diantara trilyunan planet yang mengitari 300 milyar bintang di Galaksi Bimasakti. Hanya 44 planet yang dinyatakan memenuhi kriteria layak ditinggali. Dan itupun, belum diketahui apakah benar ada kehidupan disana. Diantara planet-planet layak huni itu, yang paling terkenal adalah Planet Kepler 22b, 600 tahun cahaya dari bumi dengan ukuran sedikit lebih besar daripada bumi.

Dalam Teori Zona Penunjang Kehidupan (Habitable Zone) atau sering juga disebut Goldilocks Zone, Comfort Zone, dan Perfect Zone. Semakin panas bintang dalam suatu tata surya, maka habitable zonenya akan semakin jauh. Demikian juga kebalikannya, semakin dingin suatu bintang, maka habitable zonenya akan semakin dekat dari bintang tersebut.

Habitable Zone bintang lain dibandingkan dengan Matahari.

Memang tidak semua planet dalam Habitable Zone suatu bintang akan memiliki kehidupan. Sampai saat ini, kemampuan teleskop atau alat-alat pengindra milik manusia bumi belum bisa mendeteksi kehidupan disana, bahkan, untuk melihat corak permukaannya saja belum tentu bisa.

Namun jika kita bisa meyakini bahwa disana terdapat kehidupan, maka yang kita pertanyakan adalah, seperti apa kehidupan disana? Apakah hanya planet berisi flagelata dan amoeba? Atau sebuah planet berisi binatang-binatang berkuran raksasa layaknya bumi pada zaman dinosaurus? Atau sebuah planet dengan peradaban yang mirip bumi tahun 1600an? Atau yang paling menakutkan, sebuah peradaban yang jauh lebih maju diatas kemampuan manusia bumi. Entahlah.


Alien dalam kepercayaan Islam

Sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita dapat lebih menerima keberadaan teman-teman kita di luar sana. Allah sering menggunakan istilah "Makhluk di Langit dan Bumi" di Al-Quran mungkinkah itu merujuk kepada teman-teman kita di planet lain? Entahlah. Alam semesta penuh dengan sejuta misteri, Allah sendiri sangat benci sifat mubadzir. Lalu, apakah Allah menciptakan alam semesta seluas ini dan menaburkan benih kehidupan hanya di bumi semata? Sepertinya bisa diragukan.

Seperti apa bentuk Alien mungkin tidak terlalu banyak diceritakan dalam Al-Quran. Namun ada beberapa ayat yang menciptakan hal tersebut seperti Surat Asy-Syura ayat 29 ini:






Yang artinya: Di antara (ayat-ayat) tanda-tanda-Nya ialah menciptakan langit dan bumi dan makhluk-makhluk yang melata Yang Dia sebarkan pada keduanya. Dan Dia Maha Kuasa mengumpulkan semuanya apabila dikehendaki-Nya.

Kepler 22b, planet yang dipercaya memiliki kekerabatan terdekat dengan Bumi.

Jadi mungkin, Kepercayaan atas "Makhluk Luar Angkasa" bukanlah kepercayaan bocah-bocah kecil semata lagi. Malah mungkin orang-orang yang tidak percaya akan keberadaan makhluk luar angkasa adalah orang yang akan dianggap aneh. Sekian. Salam Brotot!

1 comments :

Brotot Facts: